Minggu, 08 Februari 2015

Papi Pulang Perang

Almarhum Papi mertuaku, Brigjen Inf. Drs. H. Maulana Achmad Soediono Soerjantoro.
Pernah menjadi Komandan Batalyon 512 di Rampal, Malang. Lalu 
turut menjadi bagian dari Pasukan Garuda 1 ke Gurun Sinai.Setelah ditarik ke Jakarta, pernah menjadi Kapus Hansip/Hanra.

Ada cerita unik sehubungan dg kepergian Papi ke Gurun Sinai. Karena sudah dekat, Papi memutuskan sekalian menunaikan ibadah haji.

Jaman tahun 1950-1960an begitu (mas Harry, suamiku, belum lahir), berangkat haji itu ibarat berangkat perang karena beratnya perjalanan ke tanah suci Mekkah. 
Nah, berarti Papi benar sebenar2nya berangkat "perang". 

Layaknya orang yg baru pulang "perang" dg selamat, kepulangan Papi ke Indonesia disambut keluarga dan kerabat (tetangga) dg sukacita. Mereka berkumpul bersama dirumah untuk mendengarkan cerita dan pengalaman Papi selama bertugas dan berhaji.
Papi juga membawa kamera Leica dan tripodnya, yg pada masa itu merupakan barang mewah dan langka.

Untuk mengenang saat itu, semua ingin mengabadikannya dalam foto.
Papi dan Mami duduk di tengah, dikelilingi putra-putri, adik2, tetangga dan kerabat, sementara pak Mbong (salah seorang adik Papi) mempersiapkan kameranya.

Sambil mencari titik focus dan menyiapkan timer, pak Mbong berulang2 mengatakan, "Siap-siap, ya... Awas... Ati2 jangan gerak2... Siap-siap.... satu, dua..." terus pak Mbong mencet shutter utk memulai hitungan mundur timernya, lalu lari untuk mencari posisi.

Melihat pak Mbong lari, sontak tetangga2, yg adalah orang2 dari kota kecil, ikut melarikan diri... bubar jalan, sodara2...

Pak Mbong tanya, "Lho... kok pada lari????"

Kata mereka, "Lha, panjenengan bilang ati2, awas... Terus panjenenngan lari, kami pikir ada yg mau meledak. Jadi, kami ya ikut lari..."

HAHAHAHAHAHAHA....

Kebayang, gak sih...???
Itu foto isinya adalah Papi-Mami, putra-putri dan adik2 yg bengong melihat tetangga2 pada berlarian....
Hahahahahaha.
Masih aja ketawa kalo ingat cerita ini...


PS:
Cerita ini sudah aku post di facebook-ku tanggal 30 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar